Blogger Jateng

BAB 1 Objek IPA dan Pengamatannya

A. Penyelidikan IPA

Kali ini, kita akan mempelajari  apa yang diselidiki dalam IPA, bagaimana melakukan pengamatan, serta mempelajari pengukuran sebagai bagian dari pengamatan.langkah awal untuk mempelajari benda benda disekitar adalah dengan melakukan pengamatan (observasi). Sebagai awal kita bisa mengamati teman atau sahabat kita dan hasil pengamatan terhadap temanmu berupa deskripsi yang disusun tentang teman kamu. Misalnya, tinggi, rambut hitam, kulit coklat dan agak halus, memiliki denyut, bernapas, dan lain lain. 

Dengan hasil pengamatan ini, berbagai pertanyaan lanjutan akan muncul. Pertanyaan pertanyaan tersebut, misalnya jika berlari lari, apakah carabernapasnyanya tetap? Apakah denyutnya juga berubah? Nah, dengan  melakukan  penyelidikan lanjutan, kalian akan memperoleh pemahaman yang makin lengkap tentang temanmu tersebut. Sebenarnya, dengan cara seperti  inilah IPA akan berkembang.

Istilah-istilah yang digunakan dalam penelitian yaitu:
1.pengamatan
Penggunaan panca indra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang objek yang sedang diamati.
2.membuat inferensi
Pembuatan  inferensi adalah  membuat deskripsi berdasarkan hasil pengamatan, penjelasan ini digunakan untuk menemukan hubungan antaraspek yang diamati dan membuat perkiraan. 
3.mengomunikasikan
Mengomunikasikan penyelidikan baik lisan maupun tulisan.hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam tabel ,grafik,bagan,dan gambar,dan gambar yang relevan, eksperimen dalam metode  ilmia mengenal apa adanya variabel dan pembanding.
Yang dimaksud dengan pembanding adalah suatu perangkat percobaan. Sedangkan variabel adalah suatu faktor yang memengaruhi percobaan. 

Ada 4 (empat) macam variabel dalam pengamatan yaitu:
a. variabel control ,yaitu faktor yang dibuat sama.
B. variabal bebas, yaitu faktor yang sengajadiubah.
c. variabel terikat, yaitu faktor hasil percobaan yang dipengaruhi oleh variabel bebas serta variabel kontrol.
d. variabel terganggu, yaitu faktor yang dapat memengaruhi hasil percobaan.

Keterampilan melakukan pengamatan dan mencoba menemukan hubungan - hubungan  yang diamati secara sistematis sangatlah penting. Dengan keterampilan ini, kita dapat mengetahui bagaimana mengumpulkan fakta dan menghubungkan fakta  - fakta  untuk membuat suatu penafsiran atau kesimpulan.keterampilan ini juga merupakan keterampilan belajar sepanjang hayat yang dapat digunakan bukan saja untuk mempelajari  berbagai macam ilmu,tetapi juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

1 komentar untuk "BAB 1 Objek IPA dan Pengamatannya"

  1. tulisan yang sangat bermanfaat bagi refereni siswa dalam pembelajaran IPA

    BalasHapus