Blogger Jateng

INTERAKSI Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara Asean

A. Letak Georafis Negara-negara ASEAN

Letak georafis wilayah Asia Tenggara berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Adapun batas-batas wilayahnya sebagai berikut:
1.Batas sebelah utara adalah Tinkok
2.Batas sebelah selatan adalah Samudra Hindia,Timor Leste dan Australia.
3.Batas sebelah barat adalah Samudra Hindia,Teluk Benggala ,dan Anak Benua India
4.Batas sebelah timur adalah Papua Nugini dan Samudra Pasifik

Posisi Georafis Asean:
Posisi georafis(astronomis) negara-nagara yang tergabung dalam ASEAN terletak di wilayah Benua Asia,tepatnya di  26 0 LU-11  0 LS dan 93  0 BT-141 0 BT. Jadi sebagian besar wilayah Negara Negara Asia Tenggara beriklim tropis ,kecuali wilayah Myanmar bagian utara  beiklim subtropis yang memiliki empat musim sepanjang tahun,yaitu musim semi,musim panas,musim gugur dan musim dingin.

Untuk daerah-daerah yang beriklim tropis hanya memiliki dua musim, musim penghujan dan musim kemarau. Daerah iklim tropis dipengaruhi oleh iklim monsun ini berakibat pada banyaknya hutan tropis yang lebat dan selalu hujan.  Angin yang bertiup di kawasan asean meliputi angin pasat tenggara, angina pasat timur laut, angin musim timur, angina musim barat laut, serta angin musim barat daya dan tenggara.

CATATAN :
Sebagian besar wilayah berupa laut dengan luas sekira 5.060.100 km2. Luas daratan wilayah Negara –negara di Asia Tenggara sekitar 4.812.000 km2.Satu-satunya Negara di Asean yang tidak memiliki wilayah laut yang berlimpah terutama Negara Indonesia.Di bagian utara,ASEAN dipisahkan oleh bagian dari rangkaian Pegunungan Himalaya.Di sebelah selatan ,pada batas barat dan timur,batas alam ASEAN di tandai dengan adanya busur gunung api. Busur gunung api merupakan pengangkatan lempeng  pasifik  dan lempeng  hindia. Wilayah alamnya dibagi menjadi  subwilayah  daratan utama (benua asia) dan wilayah kepulauan (peraian). Negara – Negara  yang termasuk  subwilayah daratan meliputi Thailand, mnyanmar, laos, kamboja dan Vietnam. Adapun yang termasuk subwilayah kepulauan meliputi Indonesia, Malaysia, brunei darusalam, singapura, dan Filipina.

Ciri subwilayah benua (daratan) adalah terdapat banyak lembah yang terbentuk dari endapan alluvial. Endapan ini terpisah satu sama lain oleh rangkaian penggungan. Sedangkan subwilayah kepulauan dicirikan oleh adanya lingkungan laut dan pulau.

Oleh karena itu berdasarkan kondisi di atas,bentuk georafis Negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) DiBagi menjadi empat tipe,yakni:
1.Berbentuk hampir seperti lingkaran(compact),misalnya Kamboja
2.Berbentuk kepulauan yang terpisah (fragmented),misalnya Indonesia dan Filipina.
3.Berbentuk memanjang (elongated),misalnya Vietnam.
4.Berbentuk lebih kompleks dan beragam,biasanya terdapat daerah yang memanjang seperti tangan (protruded),Thailand dan Myanmar.

B.Letak Koordinat ASEAN
Letak Koordinat yang berpedoman pada garis latitude(garis lintang) dan longitude (garis bujur) suatu daerah pada peta.Letak Koordinat sering disebut juga letak astronomis.Berdasarkan garis lintang pada peta sebagian besar Negara-negara ASEAN  terletak di wilayah iklim tropis dan lainnya subtropis.Perbedaan iklim ini berpengruh terhadap budaya dan interaksi manusia pada masing-masing Negara,seperti cara berpakaian,bentuk rumah, makanan,dan lain-lain.

C. Profil Singkat Negara – Negara ASEAN
1.Indonesia(Data singkat)
·         Ibukota Negara :Jakarta
·         Bahasa Nasional:Indonesia
·         Lagu Bahasa:Indonesia Raya
·         Luas Negara:1.922.570 KM2
·         Letak Atsronomis:60 LS -11 LS dan 950 BT - 1410BT
·         Jumlah Penduduk:218.700.000 jiwa (2004)
·         Perekonomian :sector pertanian ( yang utama )
·         Ekspor Utama :karet,kopi,LNG,minyak mentah,timah,dan sebagainya
·         Bentuk Pemerintahan: Republik
·         Hari Nasional :17 Agustus
·         Mata Uang :Rupiah
·         Agama : Islam(mayoritas),Kisten,Katolik,Hindu,Budha dan Kong Hu Cu
·         Kantor Berita : Antara News Agency (Antara )
·         GNP : US$ 820

2. Malaysia
a. Keadaan Alam
1.) Letak Astonomis : 10 LU - 70 LS dan 1000 BT-1190 BT
2.) Luas wilayah : 339.749 KM2,terdiri 2 bagian daratan yang di pisahkan oleh Laut Cina Selatan,yaitu Malaysia Barat ( di Semenangjung Malaysia teriri atas 11 negara bagian ) dan Malaysia Timur di wilayah utara pulau Kalimantan (Sabah dan Sawak )

3.) Iklim musim tropis

4.) Bentang Alam : -
a) Malaysia Barat
Di bagian tengah membujur dari arah barat laut ke tengara berupa barisan penggunungan dengan puncak tertinggi gunung Tanah.Di pantai barat dan timur berupa dataran rendah (alluvial ).
B) Malaysia Timur
               Wilayahnya hampir semuanya berupa dataran tinggi atau pegunungan dengan puncak tertinggi gunung Kinabalu (tertinggi di Malaysia ) dan 70% masih tertutup hutan termasuk hutan karet.

b) Keadaan penduduk
Jumlah penduduk tahun 2004 =25,6 juta jiwa,terdiri  dari bangsa Melayu (500%),bangsa Cina (37%),bansa India (11%),dan jumlahnya suku Semang (penduduk asli ) dan suku Dayak di Malaysia Timur.Agama resmi adalah Islam.

C ) Pemerintahaan
               Malaysia merupakan Negara Kesultanan yang berkonstitusi  yang berdiri pada tanggal  16 September 1963 berbentuk Federasi (Serikat) yaitu gabungan Negara-negara bagian yang selurunya ada 13 negara bagian.

D ) Kegiatan Ekonomi dan Mata Pencaharian Penduduk
1)      Pertanian,merupakan mata pencaharian penduduk yang utama dengan hasil :
a)      Karet merupakan komoditi ekspor terbesar di dunia.Tanaman karet terdapat di Semenanjung Malaysia,Sawak dan sabah.
b)      Padi (tanaman pangan utama) daerahnya di Negara bagian Kedah,Kelatan,Perak.
c)       Kelapa sawit/minyak sawit terbesar di dunia,daerah perkebunan di Johor,Selangor dan Perak.Hasil  yang lain seperti kelapa kayu.
       
2)      Pertambangan,sebagai hasil timah terbesar di dunia,yang di hasilkan di lpoh (lembah kintah Negara b again perak) dan sekitar Kualalumpur,sedangkan pengololahan timah ada di Penang. Malaysia sekarang juga penghasil minyak bumi,terdapat di Miri Sarawak dan lepas pantai Lutong.
3)      Indusri,di pusatkan di Petaling Jaya dan Shah Alam (Semenanjung Malaysia ).
4)      Pariwisata,obyek wisata yang terkenal,misalnya:Taman Nasional,Tempe park,Musium Nasional Bukit Nanas,Cameron Highland

E) perdagangan ( Barang-barang yang di perdagangkan )
1) Barang ekspor yang utama :minyak mentah,kayu,karet,kelapa sawit,gas alam dan timah.Tujuan/pemasaran terutama ke Jepang,Singapura,Amerika Serikat,Korea Selatan,Jerman Barat,dan Inggris.
2) Barang impor yang utama : bahan- bahan indusri,alat- alat transportasi,mesin-mesin dan bahan pangan

F. kerjasama dengan Indonesia
1) Kerjasama Bilateral,meliputi :
- Hubungan diplomatatik
- Bidang ekonomi,perdagangan dan jasa (transportasi udara dan laut )
- Bidang budaya
- Bidang keamanan
- Bidang tenaga kerja
2) Kerjasama Multilateral,meliputi kerjasama ASEAN(Regional),dan Interasional seperti OKI,GNBdan PBB

3. Tahiland
Disebut juga Muangthai,artinya Negara bebas atau Negara yang tidak pernah di jajah.Tidak pernah di jajah bangsa bangsa barat

Posting Komentar untuk "INTERAKSI Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara Asean "